Jumat, 25 Maret 2011

Mengapa Gigi Tidak Dianggap Sebagai Tulang

Gigi dan tulang keras, putih dan mengandung kalsium. Tetapi, itu tidak membuat keduanya sama. Gigi sangat berbeda dengan tulang tubuh. Gigi terdiri dari kalsium, fosfor, dan mineral lainnya. Tulang mengandung kalsium, fosfor, natrium dan mineral lainnya, namun sebagian besar terdiri dari kolagen protein. Kolagen itu hidup dan memberikan kerangka yang fleksibe sehingga memungkinkan tulang untuk menahan tekanan. Sedangkan kalsium mengisi ruang di sekitar kerangka itu dan membuat tulang cukup kuat untuk menopang berat tubuh.
Bagian luar tulang terdiri dari periosteum, sebuah membran padat, halus dan licin yang melapisi permukaan terluar tulang. Periosteum mengandung osteoblast atau sel yang dapat memproduksi pertumbuhan tulang baru dan perbaikan.
Lantas, mana yang lebih kuat? Gigi atau tulang? Tulang tidak sekuat gigi. Gigi, sebagian besar terdiri dari jaringan kalsifikasi yang disebut dentin. Dentin Gigi tercakup dalam email yang keras.
enamel gigi, sayangnya, tidak memiliki kekuatan regeneratif yang sama. Tidak seperti tulang, gigi tidak dapat menyembuhkan diri sendiri atau tumbuh kembali jika rusak. Sedangkan tulang, ketika patah, sel-sel tulang baru terburu-buru untuk mengisi kesenjangan dan memperbaikinya,
Perbedaan lain antara gigi dan tulang adalah sumsum tulang menghasilkan sel darah merah dan putih, sementara gigi tidak. Tulang menerima suplai darah dari sejumlah arteri yang melalui periosteum.
Meskipun ketika gigi berdarah gigi menyembulkan sesuatu yang terlihat seperti sumsum, itu sebenarnya sesuatu yang disebut pulpa gigi, bagian hidup setiap gigi yang mengandung saraf, arteri dan vena yang membujur hingga ke tulang rahang. Saraf itulah yang menyebabkan kita merasa sakit gigi.
Perbedaan terakhir adalah gigi kita telanjang, sedangkan tulang tersimpan di bawah kulit. Jadi, setidaknya, Anda tidak perlu mengkhawatirkan tulang Anda menguning.

Tidak ada komentar:

WELLCOM TO MY BLOG FEEL FREE to COMMENT PLEASE

COMMENT ON FACEBOOK

Diberdayakan oleh Blogger.
Powered By Blogger